RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1)
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 10 Pekanbaru
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi
waktu : 2 X 45
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
9 . Memahami
pendapat dan informasi dari berbagai
sumber dalam diskusi atau seminar
Kompetensi
dasar : 9.1 Merangkum
isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
Indikator :
1.
Mampu
menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau seminar
1.
Mampu
mencatat pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar
2.
Mampu
menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
Tujuan
pembelajaran :
1.
Siswa
mampu menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau
seminar (Kritis, kerja keras, kreatif,
rasa ingin tahu)
2.
Siswa
dapat menyebutkan pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar (Kritis, kerja
keras, kreatif, rasa ingin tahu)
3.
Siswa
dapat menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah
dipahami(Kritis, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu)
Materi pokok :
Pegertian diskusi/ seminar
Diskusi merupakan bentuk tukar
pikiran antara dua orang atau kelompok mengenai suatu masalah yang tujuannya
untuk memecahkan masalah.Seminar merupakan pertemuan atau persidangan untuk membahas
suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang Masalah yang dibahas di dalam
suatu seminar dapat mencakup berbagai bidang disiplin ilmu atau berbagai
kegiatan di dalam kehidupan masyarakat..
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam diskusi
1. Bersikap
sopan dan bijak dalam menanggapi pendapat orang lain.
2. Kuasai
pokok pembicaraan sebelum terjun kedalam diskusi.
3. Menggunakan
bahasa yang baik dan benar,serta simpatik saat mengemukakan sanggahan.
4. Hindari
sikap emosional.
5. Kemukakan
sanggahan setelah ada izin dari moderator.
Merangkum
Isi Pembicaraan dalam Diskusi/Seminar
.
Unsur yang harus ada dalam diskusi adalah materi yang didiskusikan, personal
yang mendiskusikannya (peserta), pemandu, penghambat, tempat dan waktu.
Dalam
proses penyampaian gagasan dalam diskusi, ada kemungkinan pikiran, keterangan,
atau pendapat peserta saling berbeda. Perbedaan pendapat, pandangan, gagasan,
ide, pikiran, sikap inilah yang perlu dicari jalan keluarnya dalam diskusi.
Setiap
peserta dalam diskusi berkewajiban memberikan gagasannya untuk mendapatkan
kesamaan, kesepakatan, kecocokan pikiran dan pendapat. Di samping itu juga
untuk memahami suatu masalah, menemukan sebab-sebab terjadinya masalah, mencari
kekurangan atau kesalahan masalah dan merumuskan jalan keluarnya.
Masalah
yang menjadi topik diskusi harus dirumuskan sebaik-baiknya, sehingga terbatas
pada suatu masalah. Sedangkan jawaban yang akan dicari dalam diskusi tidaklah
berupa "ya" atau "tidak" saja, tetapi harus ada penjelasan
dari urun rembug yang sifatnya saling mengisi dan saling melengkapi.
Jawaban
yang berisi pendapat atau saran dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta
diskusi kepada pembicara dapat diringkas menjadi satu kesatuan yang utuh. Hasil
ringkasan tersebut disebut sebagai rangkuman hasil diskusi. Rangkuman atau
ringkasan dapat diartikan sebagai bentuk ringkas atau pendek. Sebuah rangkuman
pasti lebih pendek dari uraian aslinya. Rangkuman dapat dibuat ke dalam satu
kalimat, satu paragraf, dan mungkin ke dalam beberapa paragraf.
Setiap
selesai mengadakan kegiatan diskusi, kita perlu membuat laporan menurut
kebutuhan, baik secara lisan atau tertulis. Agar laporan diskusi dapat
disajikan dengan jelas, hendaknya disusun dengan sistematika sebagai berikut.
1. Pendahuluan, berisi: latar belakang diskusi, tujuan diskusi, topik/masalah diskusi, tempat, waktu, pemandu, notulis.
2. Hasil diskusi, berisi:
a. pokok-pokok pikiran penulis dan
tanggapan peserta;
b. pertanyaan-pertanyaan dan
tanggapan yang disampaikan peserta diskusi (floor).
3. Simpulan, berisi:
a. simpulan hasil diskusi yang
diperoleh dari dalam makalah mengenai pokok-pokok
pikiran penyaji dan tanggapan-tanggapan dari peserta;
pikiran penyaji dan tanggapan-tanggapan dari peserta;
b. masalah-masalah tersisa yang
belum dibahas secara tuntas (bila ada);
c. saran-saran tindak lanjut
berdasarkan hasil diskusi.
4Lampiran,
berisi hal-hal yang dilampirkan untuk mendukung isi laporan, diantaranya:
makalah, acara diskusi, panitia diskusi, dan daftar peserta
Metode
Pembelajaran :
Diskusi
Tanya
jawab
Ceramah
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
1.
Kegiatan awal :
1. Doa(religius)
2. Ucapan salam(religius)
3. Absensi (disiplin)
2.
Kegiatan inti :
1. Guru
menjelaskan bagaimana cara
melakukan diskusi/ seminar(Kritis,
kerja keras, kreatif)
2. Siswa saling bertukar pikiran mengenai pengertian
diskusi dan seminar(Kritis, kerja keras, kreatif,
rasa ingin tahu)
3. Siswa saling bertukar pikiran mengenai tujuan diskusi dan
seminar(Kritis,
kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu)
4.
Siswa
melakukan diskusi serta menyampaian pendapat/informasi dalam
diskusi/seminar(Kritis, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu)
5.
Siswa
mencatat pokok-pokok isi informasi dari dikusi atau seminar(Kritis, kerja
keras, kreatif, rasa ingin tahu)
6.
Siswa
menyusun rangkuman isi informasi dari diskusi atau seminar(Kritis, kerja keras,
kreatif, rasa ingin tahu)
3. Kegiatan penutup :
1. Menyimpulkan (kerja keras, kreatif, kritis)
2.
Menutup pelajaran(bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi)
Sumber/bahan ajar :
Buku
bahasa Indonesia penerbit Yudistira
Contoh
rekaman seminar
Lks
Penilaian : Tes tertulis
1.
Simak dan catatlah penyampaian pendapat atau informasi dalam
diskusi atau seminar berikut!
2.
Tulislah pokok-pokok informasi dalam
diskusi/seminar!
3.
Susunlah rangkuman isi informasi dengan bahasa yang
benar dan mudah dipahami!
Penilaian
Aspek
afektif
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rentang nilai
|
Nilai
|
1
2
3
|
Siswa
mampu menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau
seminar
Siswa
dapat pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar
Siswa
dapat menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah
dipahami
|
0-30
0-30
0-40
|
|
4
|
Jumlah
|
|
|
Mengetahui
Kepala
SMA Guru
Mata Pelajaran
Azmi
Has, S.Pd. Etri Wermi, S.Pd.
NIP.
195808101982031009 NIP.196407181989032004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar